Related Websites

Tuesday, February 12, 2013

Demoralisasi Generasi Muda Bangsa Indonesia


Perkembangan Moral para generasi bangsa terutama para pemuda Indonesia semakin lama semakin mengkhawatirkan. Hampir setiap hari kita disuguhkan berita yang melibatkan para generasi muda Indonesia yang membuat hati kita miris bila mendengarnya, seperti adanya tawuran antar pelajar, narkoba dan lain-lain. 

Moral remaja dari tahun ketahun terus mengalami penurunan kualitas atau degradasi. Dalam segala aspek moral, mulai dari tutur kata, cara berpakaian dll. Degradasi moral ini seakan luput dari pengamatan dan dibiarkan terus berkembang.
Faktor utama yang mengakibatkan degradasi moral remaja ialah perkembangan globalisasi yang tidak seimbang. Virus globalisasi terus menggerogoti bangsa ini. Sayangnya kita seakan tidak sadar, namun malah mengikutinya. Kita terus menuntut kemajuan di era global ini tanpa memandang aspek kesantunan budaya negeri ini. Ketidak seimbangan itulah yang pada akhirnya membuat moral semakin jatuh dan rusak.

Bangsa Indonesia mengalami degradasi moral dan akhlak. Ironisnya, kondisi ini juga mewabah di kalangan intelektual,elit politik,para pemegang kekuasaan dan anak remaja.Saat ini bangsa sedang mengalami degradasi moral dan akhlak, sehingga perlu upaya membenahi keadaan ini sebelum semakin parah.

Munculnya degradasi moral karena pendidikan agama, budi pekerti, etika terabaikan selama ini. Padahal sebenarnya, itu mutlak diperlukan dalam pembentukan dan pembinaan karakter dan moral bangsa. Orang tua juga sangat berperan penting bagi pembentukan moral para generasi muda bangsa Indonesia karena sosialisasi pertama pada anak adalah dalam lingkup keluarga.
Oleh karena itu, mari kita bentuk moral generasi muda bangsa Indonesia sejak dini ketika proses sosialisasi pertama terjadi dengan tujuan dapat membentuk moral yang baik dan dapat membentuk calon pemimpin bangsa yang memiliki kepribadian baik.

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar untuk entri artikel di blog